Minggu, 11 Februari 2018

Pantai Kampe "BELAJAR PLUS PELATIHAN"



Refreshing Sembari Pelatihan Di Pantai Kampe


Banyuwangi, Tabloid Suara Timur Banyuwangi pada tanggal 30 Juli 2016 mengadakan pelatihan yang tidak biasa, bahwasanya pelatihan tersebut dilaksanakan di guest house PTPN XII pantai kampe yang diikuti oleh banyak kalangan. Salah satunya adalah mahasiswa untag. Bapak eko yang mewakili general manager tabloid suara timur mengatakan bahwa “saya mengikutsertakan perempuan dalam pelatihan ini, karena pengalaman yang lalu banyak laki-laki yang ikut serta pelatihan jurnalistik namun tidak dapat berlangsung hingga saat ini. Berbeda jika wanita yang mengikuti pelatihan. Mereka lebih banyak andil untuk ikut serta”.
Dalam pelatihan ini banyak membahas tentang potensi PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII, yang berada dikecamatan wongsorejo tersebut. Selain itu juga membahas bagaimana menulis berita secara praktis. Kedua materi tersebut dipaparkan oleh bapak Arya wakil manager di PT. Perkebunan tersebut dan juga Bapak Eris Sutomo. Dengan suasana yang sejuk karena ketika melihat keluar guest house pelatihan mata kita akan termanjakan oleh laut lepas di kampe beach. Berbeda dengan pelatihan kebanyakkan yang hanya dilakukan di AULA atau tempat seminar lainnya.
Bapak Arya selaku pemateri pertama membahas tentang banyak hal mengenai potensi PT.Perkebunan Nusantaran XII. Dimana diperkebunan ini akan dibangun tempat agrowisata. Ditempat ini terdapat banyak tanaman seperti karet, tebu, sengon, mahoni dan juga buah-buahan seperti buah naga, mangga, dan juga anggur”. Tutur bapak arya. Tanah seluas 6 hektar ini akan ditambahkan 20 hektar lagi untuk mendukung pembangunan agrowisata. Selain itu juga pembangunan infrastrukutur untuk menuju lokasi kampe beach. Pembangunan agrowisata ini menjalin hubungan pula dengan masyarakat sekitar. Hal itu menunjukan bahwa wisata kita boleh maju, namun juga jangan lupa kesejahteraan masyarakat sekitarnya.
Pemateri pertama selesai dilanjutkan dengan melakukan kewajiban (sholat 5 waktu / ISHOMA) Sebelum pelatihan dilanjutkan oleh pemateri kedua yakni, mengenai BAGAIMANA CARA MENULIS BERITA SECARA PRAKTIS”. Materi dijelaskan secara detail oleh Bapak Eris. Bagaimana berita menarik dan diterima banyak kalangan. Dijelaskan pula apa itu Jurnalistik serta wartawan. Dalam berita inti pokoknya adalah terdapat 5W+1H dalam penulisannya. “ yang penting tidak ditambah-tambahi dan lebay” tutur Bapak Eris. Akhir penuturan topik ini ditandai dengan acara ISHOMA dan juga menulis Berita yang berkaitan dengan pelatihan tersebut dan dilanjutkan dengan stadium general yang disampaikan oleh bapak eko serta evaluasi tentang penulisan berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar